blog-img

Menumbuhkan Pribadi Taat Lewat Shalat Dhuha

Humas | Pendidikan

Palangka Raya (Humas)  Pembiasaan shalat dhuha bersama di MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) dapat membentuk karakter siswa yang taat atas perintah Tuhan. Pernyataan itu dikutip dari Kepala Mankoraya H. Ahd Fauzi, sesaat setelah melaksanakan sholat dhuha bersama dengan para guru dan siswa, Kamis (6/2).

Diharapkan dengan kegiatan rutin sholat dhuha akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa kepada Allah.  Selain itu juga karena besarnya keutamaan shalat dhuha. "Shalat dhuha jika didawamkan (rutin dikerjakan), akan membawa banyak manfaat bagi orang yang mengerjakannya, seperti menjauhkan dari kefakiran" ujar H. Ahd Fauzi yang hari itu menjadi imam sholat dhuha.

Pembiasaan shalat dhuha ini sebagai sarana untuk membiasakan diri menjadi hamba yang taat dan patuh kepada Allah, sehingga orang yang mengerjakan shalat duha akan terbiasa tepat waktu dan disiplin dalam segala aktivitasnya, terangnya dihadapan siswa kelas XII.

Sholat dhuha bersama yang sudah berjalan beberapa bulan itu dilaksanakan satu kali dalam satu minggu secara bergiliran. Hal itudilakukan karena kapasitas Masjid At Taqwa Mankoraya tidak mampu menampung semua siswa yang jumlahnya 1008 orang. Sehingga dibuatkan jadwal secara bergiliran, dimana kelas X pada hari Selasa, kelas XI pada hari Rabu dan kelas XII pada hari Kamis.

Shalat duha di Mankoraya juga diikuti wali kelas dan guru mata pelajaran yang mengajar di kelas yang mendapat giliran. Setelah selesai shalat dhuha, siswa kembali ke kelas untuk melanjutkan pembelajaran seperti biasa.  (Asdi)

Bagikan Ke:

Kategori

Populer